WALIRAJA.COMCara Menghitung Modal Awal Saat Memulai Bisnis | Berencana membuka bisnis namun bingung mengenai besaran modal yang dibutuhkan? Pastikan Anda mengerti cara menghitung modal awal agar dapat mempersiapkan segala kebutuhan bisnis secara optimal. Dengan begitu, peluang kesuksesan bisnis Anda akan lebih besar.

Modal awal merupakan total biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan barang dan bahan baku dalam memulai bisnis. Setiap jenis usaha memiliki kebutuhan modal awal yang berbeda-beda.

Guna mempersiapkan permodalan dengan baik, sangat penting untuk mengetahui rumus modal awal dalam bisnis. Berikut adalah 4 metode cara menghitung modal awaal untuk memulai bisnis:

1. Menambahkan Modal Kerja, Modal Investasi, dan Modal Operasional

Cara pertama menghitung modal awal adalah dengan menambahkan komponen-komponen penting seperti modal kerja, modal investasi, dan modal operasional. Modal kerja mencakup semua biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan barang dan bahan baku, sementara modal investasi adalah uang yang dikeluarkan untuk membeli perlengkapan bisnis.Rumus menghitung modal awal: Modal Awal = Modal Kerja + Modal Investasi + Modal Operasional

2. Menjumlahkan Biaya Belanja Operasional dan Belanja Modal

Cara kedua adalah dengan menjumlahkan biaya belanja operasional dan belanja modal. Biaya belanja operasional mencakup pengeluaran untuk operasional bisnis seperti gaji, listrik, sewa, gas, dan lain-lain. Belanja modal adalah nominal uang yang diperlukan untuk keberlangsungan bisnis seperti modal investasi dan pembelian peralatan.Rumus menghitung modal awal: Modal Awal = Belanja Operasional + Belanja Modal

Loker Lainnya  Memulai Bisnis Online Tanpa Modal: Panduan Lengkap 2023

3. Menghitung Laba, Prive, dan Modal Akhir

Menghitung modal awall dengan cara ini melibatkan laba (keuntungan bersih dari kegiatan bisnis), prive (penarikan uang untuk kebutuhan bisnis atau pribadi), dan modal akhir.Rumus menghitung modal awal: Modal Awal = Modal Akhir – (Laba + Prive)

4. Modal Akhir, Pendapatan, Beban, Pajak, dan Prive

Metode terakhir melibatkan modal akhir, beban (kewajiban yang harus dibayar pemilik usaha yang terkait dengan bisnis), pendapatan (uang yang diperoleh dari kegiatan bisnis), pajak, dan prive.

Rumus menghitung modal awal: Modal Awal = Modal Akhir – (Pendapatan + Beban + Pajak + Prive)

Mengetahui cara menghitung modal awall merupakan hal dasar yang harus dimiliki setiap pengusaha saat memulai bisnis. Dengan melakukan perhitungan modal awal, Anda dapat memperkirakan total dana yang diperlukan dan menaksir jumlah keuntungan. Setiap jenis bisnis memiliki perhitungan modal awal yang berbeda, oleh karena itu, pemahaman terhadap cara menghitung modal awall sangat membantu dalam mempersiapkan bisnis secara matang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *