NENEPI.COM Apakah KIA EV9 akan Segera Hadir di Indonesia? Cek Spesifikasi, Harga, dan Informasi Lengkapnya! | Kia EV9 telah resmi diluncurkan secara global, dan masyarakat Indonesia pun tak sabar menantikan kehadiran SUV listrik unggulan ini di tanah air. Dengan berbagai tanda yang telah diberikan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai pemegang merek KIA di Indonesia, semakin banyak yang bertanya-tanya kapan mobil ini akan dijual di Indonesia.

Tanda-tanda tersebut dapat dilihat dari aktivitas akun Instagram @kia_indonesia yang sering memposting gambar dan informasi terkait EV9 sejak sebelum world premiere pada 28 Maret 2023. Bahkan, terakhir mereka juga membagikan video KIA EV9 dengan fitur Highway Driving Pilot pada tanggal 5 Mei 2023.

Hal menarik lainnya adalah keberadaan highlight khusus untuk mobil listrik ini di Instagram KIA Indonesia. Umumnya, beberapa mobil yang masuk ke highlight itu telah dipasarkan di Indonesia, seperti EV6, Seltos, Sonet, Carens, dan Carnival. Tetapi, EV9 jadi salah satu mobil yang masuk ke highlight tapi belum sempat dipasarkan di Indonesia.

Namun, apakah semua ini merupakan indikasi bahwa SUV listrik KIA EV9 akan segera hadir di pasar otomotif Indonesia?

Menurut Ario Soerjo, “Untuk mobil listrik, memang sudah direncanakan ada model baru lagi, dan kami akan mengumumkannya secepat mungkin. Kemungkinan besar pada semester kedua tahun 2023.” Jawaban tersebut diungkapkan oleh Ario Soerjo saat acara KIA Media Gahtering sekaligus peluncuran Carens 1.5L Captain Seat 2023 beberapa waktu lalu.

Apakah ini berarti Kia EV9 akan dijual di Indonesia pada semester kedua tahun 2023? Ario Soerjo belum bersedia memberikan informasi lebih lanjut, dan mengatakan, “Sabar saja, tunggu pengumuman resmi dari kami.”

Loker Lainnya  Kelebihan Seres E1: Mobil Listrik Terjangkau dan Modern

Pernyataan Ario Soerjo tersebut sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Presiden Direktur dan CEO Kia Corporation, Ho Sung Song, saat world premiere EV9. Saat ini, EV9 hanya dijual di Korea Selatan. Namun, pemasaran global termasuk di Eropa, Amerika Utara, Asia Pasifik, dan Timur Tengah dijadwalkan akan dilakukan pada semester kedua tahun 2023. Kemungkinan besar, Indonesia juga akan termasuk dalam daftar negara Asia Pasifik yang mendapatkan KIA EV9.

Spesifikasi Kia EV9: SUV Listrik 7-Seater yang Mengesankan

Kia EV9 adalah SUV 7-seater yang menggunakan teknologi listrik secara penuh. Mobil ini dibuat di atas basis E-GMP (Electric Global Modular Platform) yang di-claim sanggup berikan jarak tempuh sampai 541 km dalam sekali pengisian.

Mobil listrik ini diperlengkapi feature pengisian daya ultra cepat dengan daya ultra pengisian cepat 800 volt yang memungkinkannya batterynya bisa diisi dalam sekejap. Dalam hanya 15 menit, mobil ini sudah siap melaju sejauh 239 km.

Dari segi tampilan eksterior, Kia EV9 memiliki dimensi yang imposan.Dalam jarak sumbu roda 3.100 mm, pilihan ukuran roda yang berbagai, yaitu 21 inch, 20 inch, dan 19 inch. Panjang bodi mobil ini mencapai 5.010 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.755 mm, menjadikannya seukuran dengan Hyundai Palisade.

Desain gril depan masih mengusung gaya khas Kia yang dikenal dengan “Digital Tiger Face”. Lampu Daytime Running Light (DRL) LED yang membentuk pola “Star Map” juga memberikan sentuhan pencahayaan animasi yang menarik.

Dalam hal performa, Kia EV9 menggunakan baterai berkapasitas 76,1 kWh dalam varian Standar dengan penggerak roda belakang (RWD). Tersedia juga varian Long Range dengan baterai berkapasitas 99,8 kWh dan penggerak semua roda (AWD).

Loker Lainnya  Panduan Lengkap Mengatasi Indikator Mobil Honda Jazz GD3 Menyala

Varian RWD Long Range dilengkapi dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga 150 kW atau setara dengan 201 Hp dan torsi 350 Nm. Mobil listrik ini dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,4 detik. Dan variasi RWD Standard Range memakai motor listrik tunggal dengan tenaga 160 kW atau sama dengan 214,5 Hp dan torsi 350 Nm. Mobil ini dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,2 detik.

Sedangkan, variasi AWD diperlengkapi dua motor listrik yang hasilkan keseluruhan tenaga sampai 283 kW atau sama dengan 380 Hp dan torsi gabungan 600 Nm. Dengan kombinasi yang kuat ini, Kia EV9 dapat melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6,0 detik.

Kisaran Harga Kia EV9 untuk Pasar Indonesia

Kia EV9 memiliki spesifikasi yang sangat menarik apabila dijual di Indonesia. Terlebih lagi, saat ini belum ada mobil listrik dengan gaya SUV yang gagah seperti EV9 di Tanah Air.

Namun, bagaimana dengan harganya? Di Korea Selatan, Kia EV9 dijual dengan harga mulai dari 78.140.000 Won atau sekitar Rp 880 jutaan untuk varian termurah. Namun, jika dipasarkan di Indonesia, Kia kemungkinan akan menawarkan varian yang lebih lengkap. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran Kia EV6 GT-Line di Indonesia.

Harga Kia EV9 GT-Line di Korea Selatan mencapai 87.810.000 Won atau sekitar Rp 995 jutaan. Namun, saat benar-benar dijual di Indonesia, harganya kemungkinan tidak akan semurah itu. Sebagai perbandingan, Kia EV6 GT-Line dijual seharga Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta). Oleh karena itu, dapat diprediksi bahwa harga Kia EV9 di Indonesia akan berada dalam kisaran Rp 1,4 hingga 1,5 miliar. Harga ini cukup wajar mengingat spesifikasi yang lebih istimewa yang dimiliki oleh mobil ini.

Loker Lainnya  Kelebihan Honda Brio RS 2023: Versi Facelift yang Mengesankan

Demikianlah informasi mengenai kemungkinan Kia EV9 akan dijual di Indonesia, beserta spesifikasi dan kisaran harganya. Tetap ikuti berita terbaru seputar otomotif di NENEPI.com untuk mendapatkan pembaruan terkini. Dengan performa yang luar biasa dan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, Kia EV9 siap menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta mobil listrik di Indonesia.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *